Minggu, 18 Maret 2018

Finding Science Stories


                Dalam Science journalist, kamu akan dihadapkan dengan dua pilihan yaitu menunggu berita tersebut sampai kepadamu atau aktif mencarinya keluar. Masing-masing dari pilihan tersebut memiliki keuntungan tersendiri. Jika hanya menunggu peristiwa tersebut sampai kepadamu, kamu akan mendapatkan data-data yang kredibel namun nantinya akan bersifat sama dengan media-media lain. Jika aktif mencari, kamu bisa mendapatkan informasi melalui internet ataupun wawancara dengan narasumber yang kredibel.
                Sebagai jurnalis kita harus mampu untuk menentukan sumber-sumber yang kredibel. Dalam science journalist ada 2 jenis sumber yaitu: primary dan secondary. Primary Source bisa dilakukan dengan wawancara narasumber yang expert dibidangnya, press conference atau science conference. Sedangkan secondary source bisa melalui internet, website suatu organisasi dan jurnal.  Ide untuk menulis juga bisa didapatkan dari hal yang paling dekat dengan kehidupan kita seperti bahaya mengkomsumsi rokok sehabis makan.
                Jika ingin memonitor suatu topik, kita dapat menggunakan fitur google alerts. Google Alerts akan memudahkan anda untuk memperoleh informasi secara cepat dan ekslusif. Namun kita harus tetap melihat apakah website tersebut kredibel atau tidak.

Meet a Scientist
                Jurnalis mempunyai akses untuk melalukan interview kepada siapa saja, bahkan orang terkenal sekalipun. Namun bagaimana caranya untuk bisa melakukan interview dengan Scientist? Science Café adalah tempat untuk bertemu para scientist. Melalui http://wwww.cafescientifique.org/world .links.html kita bisa melihat list para scientist di Dunia. Kita juga bisa mendapatkan nomornya melalui poster/banner atau dengan mendatanginya secara langsung apabila kita mengetahui alamatnya.
                Kita juga bisa menggunakan google Scholar (www.scholar.google.com) untuk mencari penelitian atau jurnal yang terkait dengan bahan liputan kita dan mendapatkan nama, kontak serta alamat scientist tersebut. Selain Google Scholar kita dapat menemukan tentang berita science dan gambar secara gratis melalui SciDev.Net.
                Kita dapat dengan cepat membaca suatu jurnal dan menentukan apakah jurnal tersebut cocok atau tidak dengan membaca ringkasan atau abstrak dari jurnal tersebut. Kemudian membaca kesimpulan di bagian akhir. Dengan metode ini kita dapat mengetahui garis besar dari jurnal tersebut, karena ada banyak sekali jurnal di internet dan apabila kita membaca semuanya maka akan menghabiskan banyak waktu.
                Namun tidak mudah untuk memenentukan website tersebut kredibel atau tidak, lebih baik mengecek dari beberapa sumber. Tidak semua hasil penelitian dari scientist di publish melalui internet dan internet hanyalah bersifat membantu, sisanya adalah anda sendiri yang menentukan.

Etika Dilema
                Independen adalah suatu hal yang penting. Walaupun kita disponsori oleh suatu instansi namun kita harus tetap menuliskan berdasarkan data-data yang ada dilapangan. Meskipun resiko kehilangan sponsor di masa mendatang, namun mengungkap kebenaran sudah menjadi tugas utama bagi jurnalis. Apabila kita dibayari biaya travel, sebaiknya anda memberi tahu editor anda dan para audiens yang membaca artikel anda dengan menulis “Artikel ini disponsori oleh……”. Dengan begitu maka akan menjalin kerjasama yang baik dengan sponsor.




Erwin Halimuci
14140110127




Tidak ada komentar:

Posting Komentar